Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan

Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang pada mulanya memiliki dua Program Studi, yaitu: 1) Pendidikan Luar Sekolah dan 2) Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Berdasarkan kebijakan pemerintah pada tahun 1988 Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Swasta dicabut pelaksanaannya, dan hanya dilaksanakan bagi Perguruan Tinggi Negeri. Pada tanggal 18 Maret 2002 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memperoleh status Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai C berdasarkan Surat Keputusan Nomor 002/BAN-PT/Ak-V/S1/lll/2002. Pada tanggal 25 Agustus 2005 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memperoleh status Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Nomor 015/BAN-PT/Ak-IX/S1/VIll/2005. Pada tanggal 7 Januari 2011 Program Studi Pendidikan Luar Sekolah memperoleh status Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B berdasarkan Surat Keputusan Nomor 036/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2011. 

Dalam perkembangannya, Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang tidak terlepas dari peranan para pengelola yang telah mengabdi bagi kemajuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang khususnya dan dunia pendidikan tinggi pada umumnya. Pada tahun 2009 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membuka dan memiliki dua Program Studi Baru, yaitu 1) Pendidikan Bahasa Inggris dan 2) Pendidikan Matematika. Untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Matematika sesuai dengan ijin DIKTI Nomor 1704/D/T/2009 pada tanggal 17 September 2009. Program Studi Pendidikan Matematika memperoleh perpanjangan ijin operasional dengan Nomor 9727/D/T/K-IV/2011 pada tanggal 30 Nopember  2011. Sedangkan Program Studi Pendidikan Bahasa inggris memperoleh perpanjangan ijin operasional dengan Nomor 9728/D/T/K-IV/2011 pada tanggal 30 Nopember 2011. Pada tahun 2010 FKIP memperoleh ini penyelenggaraan program Studi baru sehingga memiliki 4 (empat) program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dengan ijin penyelenggaraan nomor : 37/D/O/2010 pada tanggal 25 Maret 2010.

A.  Visi

Menjadi Fakultas yang Unggul dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan serta Menghasilkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Profesional.

B.  Misi :

  1. Mengembangkan ilmu pendidikan baik secara teoretik maupun praktik.
  2. Menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif.
  3. Menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan melalui suasana akademik yang kondusif.
  4. Berperan aktif dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pendidikan.

C. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan
  2. Menghasilkan lulusan yang profesional sebagai pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan suasana akademik yang kondusif
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan, mengelola, dan melaksanakan pendidikan di lembaga pendidikan maupun non pendidikan
  4. Menghasilkan karya penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan
  5. Menerapkan hasil penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan untuk keperluan pendidikan, industri, dan kebijakan

C. Program Studi

1. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi :

Menjadi program studi yang menghasilkan pendidik Bahasa Inggris yang unggul, mandiri, professional dan berakhlak mulia pada tahun 2018

Misi :

  1. Menciptakan pendidik yang berkualitas, berakhlak mulia, dan profesional sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia pendidikan.
  2. Menciptakan budaya akademik dan kewirausahaan yang kondusif untuk dapat bersaing secara kompetitif.
  3. Mampu mengembangkan diri terhadap perubahan dan kemajuan jaman serta mengikuti perkembangan sains dan teknologi.
  4. Berperan aktif dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan ilmu pendidikan bahasa inggris.

3. Program Studi Pendidikan Matematika

Visi :

Menjadi program studi yang unggul untuk menghasilkan sarjana pendidikan matematika  yang mampu bersaing secara profesional di bidang matematika pada tahun 2018.

Misi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik yang professional dan berkualitas di bidang Pendidikan Matematika
  2. Mengembangkan dan meningkatkan penelitian di bidang pendidikan matematika serta ilmu matematika
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pengimplementasian keilmuan di bidang pendidikan matematika dan ilmu matematika
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga lain untuk mengembangkan IPTEKS dan keilmuan di bidang matematika
  5. Mengembangkan kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) untuk memberikan pelayanan yang prima.
  6. Meningkatan kuantitas dan kualitas sarana/fasilitas pendidikan
  7. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui budaya akademik yang kondusif dan kompetitif.

4. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Visi :

Menjadi Program Studi yang menghasilkan pendidik yang unggul, profesional dan kompetitif dalam bidang pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi

Misi :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyiapkan pendidik yang unggul, profesional yang mampu bersaing dalam bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi serta mengembangkan kreatifitas mahasiswa yang berakhlak mulia.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang inovatif dan konstruktif sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara profesional sebagai implementasi keilmuan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi.
  4. Mengembangkan pengelolaan dan pelayanan pendidikan bagi civitas akademika dalam mendukung pembelajaran yang kondusif.