Dalam rangka Dies Natalis penegerian Universitas Singaperbangsa Karawang ke-9 dan Hari Sumpah Pemuda, Paguyuban Rakyat Seni UNSIKA (PARASIKA) menyelenggarakan lomba vokal grup, tari, dan band tingkat nasional untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang seni dan budaya. Acara itu sendiri dilaksanakan di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang pada tanggal 1 November 2023.

Paguyuban Rakyat Seni Universitas Singaperbangsa Karawang (PARASIKA) sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mempunyai arah gerak untuk meningkatkan nilai-nilai seni dan budaya di Indonesia. Untuk merealisasikan arah gerak tersebut PARASIKA akan menggelar acara yang bertajuk Unsika National Art and Culture Competition (UNACC) dengan tema “Footsteps of Tradition: A Mosaic of Sound and Movement”. Acara tersebut meliputi lomba vokal grup, tari, dan paduan suara, dan vokal solo dengan berbagai macam kategori. Peserta yang mengikuti lomba ini lebih dari 50 peserta dari berbagai sekolah maupun sanggar seni dari seluruh Indonesia. Acara ini dibuka dengan Laporan dari ketua pelaksana Muhammad Syahril Firmansyah lalu dilanjut dengan beberapa sambutan dari Ketua Umum PARASIKA Mochammad Fadli Sugianto, DPM PARASIKA Indah Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd dan juga Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Kemahasiswaan dan Alumni UNSIKA Dr. H. Amirudin., Drs., M.Pd.I. Setelah itu acara dilanjutkan ke acara utama yaitu lomba yang meliputi vokal grup, tari, paduan suara dan juga vokal solo.

Dengan diadakannya kegiatan ini akan terciptanya hal positif yang bisa dipetik dari keberadaan seni, yaitu keindahan, kreativitas, nada-nada, dinamika, kebersamaan, kekompakan, kepekaan rasa, dan lain sebagainya. Kreativitas merupakan ekspresi yang muncul untuk menghasilkan karya dan kebanggaan yang dapat kita kenang. Serangkaian acara pada kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme mahasiswa dan mampu menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap nilai seni dan budaya.