Alumni Menggelar Temu Akbar dan Pemilihan Ketua IKA UNSIKA


Sabtu, 15 Juli 2023 Unsika menagakanten  temu akbar alumni dengan tema “Merangkai Kisah, Menjalin Silaturahmi, dan Kerjasama untuk Berbagi. Acara dihadiri oleh bapak Rektor Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc. dan Wakil Rektor III Pak Dr. H. Amirudin, M.Pd.I. Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh alumni dari berbagai fakultas yang ada.

Dari data alumni yang melakukan pendaftaran secara online tercatat sebanyak 300 orang menghadiri pada momentum dalam sejarah alumni UNSIKA. Hingga release ini di buat pada pukul 11.00 jumlah alumni yang hadir sudah mencapai setengah jumlah pendaftar, dan semakin siang semakin bertambah banyak.

Di dalam kegiatan temu akbar alumni UNSIKA ini terdapat satu agenda besar yang menjadi inti dari kegiatan ini yaitu pemilihan ketua alumni setelah sekian lamanya UNSIKA tidak memiliki ketua alumni sepeninggalan ketua alumni yang lama Almarhum Bapak H Tono Bakhtiar mantan ketua DPRD Kabupaten Karawang..

Kegiatan di buta oleh bapak Rektor UNSIKA baru bapak Prof. Dr. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc.. Dalam sambutannya bapak prof Ade menyampaikan tentang pentingnya sinergi antara alumni dan universitas. Bapak rektor pun berjanji akan lebih intens lagi melibatkan para alumni di setiap kegiatan unsika khususnya pada saat proses wisuda UNSIKA

Selanjutnya bapak Dr. H. Amirudin, M.Pd.I., wakil rektor III bagian mahasiswa, kerjasama dan alumni menyampaikan bahwa jumlah alumni yang terdata hingga tahun 2023 dari tahun 1992 sebanyak 29.800 orang. Sedangkan data alumni dari mulai tahun 1982 hingga 1992 belum terdata dengan baik.

Harapannya, ketua terpilih dapat mewadahi para lulusan UNSIKA untuk masuk kedalam dunia kerja khususnya yang dikelola oleh para alumni. Selain itu bapak warek III berpesan agar alumni mampu menjaga nama baik unsika, dan menjadi garda terdepan dalam mengkonter setiap berita negatif tentang unsika yang ada di masyarakat.

Bapak Ir. H. Wahyudin, ST., MT.  ketua panitia temu akbar alumni 2023 dalam sambutannya memaparkan tujuan dilaksanakannya kegiatan in. Menurut ketua prodi Teknik Industri UNSIKA, kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali ikatan alumni setelah sekian lamanya vakum hingga terpilihnya kembali ketua baru IKA UNSIKA yang diharapkan mampu bersinergi dengan pihak kampus untuk membawa UNSIKA kepada kemajuan.

Demikian bapak ketua panitia pun berharap kepada pihak UNSIKA agar mampu menjembatani, memberikan ruang, pelayanan, dan fasilitas untuk kemajuan UNSIKA. Terakhir beliau berpesan bahwa kegiatan ini reuni ini dapat berkelanjutan agar tetap terjalin silaturahmi antara alumni UNSIKA.

Dari perwakilan alumni sambutan disampaikan oleh bapak Dr. Imam Budi Santoso, S.H.,M.H. Beliau yang saat ini menjabat sebagai dosen dan ketua program studi di fakultas hukum UNSIKA menyampaikan bahwa alumni UNSIKA yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, berkiprah di berbagai segmen, menjabat berbagai jabatan di berbagai macam instansi swasta maupun pemerintahan, pemilik usaha, hingga masuk dalam anggota partai politik ke depan harus mampu bersinergi menjadi kontributor kemajuan bangsa tidak hanya menjadi penonton.

Pemilihan ketua berlangsung khidmat dan dilaksanakan secara musyawarah mufakat, dengan terpilihnya bapak Nace Permana, SE., M.Kom sebagai ketua, bapak Dr. Son Haji, S.Ag., M.M. sebagai wakil dan bapak Taufik Ismail, S. SOS.,M.M. sebagai bendahara. Pernyataan dukungan dan pilihan disampaikan pertama kali oleh bapak Taufik Ismail, S. SOS.,M.M.  alumni pasca sarjana Fakultas Ekonomi tahun 2019. Beliau yang juga pada saat ini menjabat sebagai ketua DPRD karawang dari partai PDIP dengan tegas mendukung penuh bapak Nace demi kemajuan unsika dan alumni.

Pernyataan kedua disampaikan oleh bapak Dr. Son Haji, S.Ag., M.M. yang merupakan alumni s2 fakultas ekonomi. Mulai menginjakan kakinya sebagai mahasiswa pada tahun 2013 pada saat UNSIKA masih berstatus perguruan tinggi swasta dan lulus pada tahun 2015 saat UNSIKA menjadi perguruan tinggi negeri.

Beliau yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi dari partai Golkar menyampaikan dukungannya pada bapak Bapak Nace Permana, SE., M.Kom sebagai ketua, dan bapak Taufik sebagai bendahara. Selain itu bapak Taufik juga menyatakan kesediaannya untuk berkontribusi terhadap alumni dan unsika dengan menjadi  sekretaris alumni periode 2023-2027.

Selanjutnya bapak ketua IKA UNSIKA terpilih bapak Nace Permana, SE., M.Kom yang saat ini menjabat sebagai calon ketua DPR RI dari partai Nasdem berpesan bahwa perguruan tinggi besar adalah perguruan tinggi yang mampu memberdayakan alumninya secara optimal. Alumni dan UNSIKA harus saling menopang, karena unsika maju pun hingga sampai saat ini tidak terlepas dari jasa para alumni.

Bahkan ketua alumni baru yang memiliki segudang jabatan dari organisasi masyarakat yang ada dari mulai dari ketua LSM Lodaya seni masyarakat hingga pembina ojek online karawang berpesan kepada bapak rektor agar alumni dapat dilibatkan dalam setiap program dan kegiatan UNSIKA terutama dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa, agar ekonomi alumni dapat hidup dan berkembang.

Diakhir kegiatan bapak rektor menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan yang diprediksi akan memakan waktu yang cukup lama, namun dapat diselesaikan dengan khidmat dengan penuh rasa kekeluargaan. Pak Rektor berhadap bahwa bahwa momentum ini menjadi pertanda baik bagi kemajuan UNSIKA. Kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh alumni dalam rangka mengabadikan momentum bersejarah yang kan menjadi batu loncatan bangi kemajuan UNSIKA di masa yang akan datang. (Yadi Fahmi -Panitia Temu Akbar IKA UNSIKA).